Selasa, 10 Oktober 2017

Akhirnya, dapet modal berharga juga


Acara workshop kali ini di tempat yang sama kayak kemarin. Sebenarnya jadwalnya dimulai jam 07.30. Tapi malah molor sampe jam 09.00. Acara langsung di skip ke acara kedua yang dibawain sama Bu Siti Rofiah, dosen PIH[1].

Sebenarnya temanya tentang sastra, tapi malah tentang menulis. Aku tanya waktu sesi tanya jawab, “Bagaimana cara kita menuliskan kata yang sudah mandeg padahal sudah banyak buku yang dibaca?” Beliau ngejelasin kalo menulis itu nggak langsung dalam waktu 10 menit jadi. Karena menulis butuh proses. Beliau nyaranin untuk nyari tempat atau suasana yang tepat sehingga ide yang terkumpul di otak bisa tertuangkan kembali. Emang bener juga sih...

Kadang aku pun juga ngalamin pas lagi nulis. Walaupun banyak buku yang udah aku baca mengenai tema yang ingin kubuat tulisan, terkadang aku jadi mandeg mau nulis apa abis itu kata-kata yang pingin aku tulis.

Abis itu, kami istirahat. Aku sempatin baca buku Lothrop Stoddard “New World of Islam”. Mas Fadli lalu ngeliat bukuku. Kita lalu ngobrol bareng. Kata dia, penulis buku “New World of Islam” ini penulis orientalis. Artinya penulisnya seorang non-muslim tapi punya wawasan lebih tentang Islam dan pula memiliki perhatian lebih terhadap Islam.

Kami ngobrol juga hal-hal lain. Ia udah baca kurang lebih 100 buku. “Wah, gile bener!!”, kataku dalam hati. Aku sendiri aja udah baca kurang dari 100 buku sejak SMA. Pengetahuannya dan wawasannya luas. Ia nggak mandang sesuatu dalam satu sudut pandang aja, tapi lebih komprehensif.

Acara workshop kali ini ditutup jam 16.35. Ini acara workshop terakhir di Asrama UIN FUPK. Karena besok workshop lapangan. Tapi setidaknya acara hari ini bener-bener ngasih wawasan baru mengenai menulis. Well, well, ini jadi modal berharga buatku untuk memperbaiki tulisanku dalam menulis buku lebih baik lagi.


[1] PIH=Pengantar Ilmu Hukum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar