Senin, 09 Oktober 2017

Justisia, dapur awalku menulis


Hari ini, aku ikut kegiatan workshop Justisia. Workshop dimulai dari jam 9 hingga jam setengah 5 sore. Perkuliahan selama sehari terpaksa deh, aku tinggalin. Jam setengah 9, aku menuju kanfak. Aku awalnya udah janjian sama Cantika, komting kelasku, nitipin beberapa tugas untuk dikumpulin ke dosen. Aku kasih juga surat izin yang udah aku dapet dari UKM[1] untuk makul hari ini.

Kami kumpul di UKM sebelum berangkat workshop. Aku berangkat bareng Harly, karena dia nggak bawa motor. Kami berangkat beriringan... kayak konvoi aja nih wkwk.. Akhirnya sampai juga di tempat workshopnya. Tempatnya di Asrama UIN Walisongo, Tambakaji.

Acara dibuka dengan sambutan kakak senior dari Justisia. Acara lalu dilanjutkan dengan workshop pertama dibawakan oleh Bapak Kholidubnu Adib yang mengebahas soal kejustisiaan. Beliau ini juga ikut mendirikan Justisia pada 1993.

Workshop jadwal kedua dilanjutkan oleh Bapak Rofi’udin. Beliau ngebahas masalah jurnalisme. Beliau saat ini jadi KPID alias Komisi Penyiaran Indonesia Daerah. Pembahasannya menarik sih, buatku. Sayangnya, aku nggak minat jadi jurnalis.

Workshop jadwal ketiga dibawakan oleh Bapak Sujiantoko. Beliau dosen honorer UIN. Beliau ngebahas soal manajemen. Pembahasannya lebih banyak teorinya. Walaupun ada sih, sedikit motivasinya. Ya, mungkin karena beliau ini bukan orang sukses, jadi kagak banyak motivasi yang beliau kasih. Coba kalau yang ngasih orang sukses, mungkin kami bakal lebih bergairah. Acara ditutup jam setengah 5 sore. Kegiatan workshop ini bakal seminggu full. Terpaksa deh, aku tinggalin kuliah.

Dulu aku sempet nulis impianku di kertas kalo aku pingin bisa nerbitin buku karyaku “Aku Bangga Jadi Anak Pancasila” tahun 2023 dan juga bisa nerbitin buku filsafat karyaku sendiri. Aku sempet kebayang kalo aku suatu saat bisa dapet ekstrakurikuler menulis. So that, aku bisa ngasah kemampuanku untuk nulis.

Wah, ternyata apa yang aku bayangin malah terwujud dengan terpilihnya aku dalam seleksi Justisia. Kagak nyangka banget deh pokoknya! Aku baru nyadar sekarang. Dari banyak peserta yang mendaftar seluruh Fakultas Syariah dan Hukum aja, dipilih maksimal 25 orang. Mungkin inikah cara Allah swt mengatur sesuai rencana-Nya? Aku nggak tahu.

Tapi yang pasti aku yakin kalau buku itu akan terbit. Jika aku jadi polisi ataupun diterima di IPDN, aku ingin nglanjutin sekolah di Inggris jadi aku bisa belajar sama banyak buku disana. Sekarang tinggal usaha tuk mencapai impianku. Hanya Allah swtlah yang tahu semua ini.


[1] UKM=Unit Kegiatan Mahasiswa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar