Selasa, 17 Oktober 2017

Harapan akan masa depan


Sudah 7 hari, aku vacum menulis. Dimulai dari hari Rabu kemarin hunting berita sampe sore sampe finish hari Minggu. Kegiatan workshop lapangan di Candi Gedong Songo. Jadi kagak ada waktu nulis.

Hari ini presentasi makul Ilmu Fiqh kelompoknya Iqbal. Sebenarnya sama kayak kemarin. Ngebahas soal thaharah. Di akhir pelajaran abis presentasi, Pak Solek nyuruh kami untuk minggu depan bawa referensi buku untuk presentasi bagi yang maju. Bahkan beliau nyuruh kami bawa 30 buku. WTH!! Aku kuliah jadi kayak bawa beton nih jadinya besok...

Aku jadi inget sama nyanyian Iwan Falls yang bunyinya kayak gini:

4 tahun lamanya
Bergelut dengan buku
Sia-sia semuanya

Jadi mahasiwa tidak bisa lepas dari sesuatu yang disebut “buku”. Tapi apa gunanya semua ilmu yang kita dapet dari buku itu kalo di masa depan nggak digunain. Ya nggak sih? Banyak sarjana yang akhirnya nganggur dengan modal nilai IP yang cumlaude.

Aku pun ngerasa hal yang sama sekarang. Dulu di pas SMA, aku dicekcoki sama banyak mapel sejumlah 16 mapel. Kami disuruh ngapalin dan pada akhirnya dikeluarin begitu aja pas ujian. Kami ibarat sebuah tong yang ditabung oleh ilmu sedangkan ilmu itu akan dikeluarkan setelah waktunya tiba. Semua ilmu yang aku dapet jadi sia-sia.

Aku pun nggak bakal berharap jadi seorang sarjana yang lulus dari PTN. Tetapi aku berharap bisa menjadi seorang sarjana lulusan PTK dan bisa memperoleh beasiswa ke Inggris. Sejak SMA, aku keranjingan membaca berbagai buku. Dari semua yang aku baca, aku berharap, aku bisa ngelakuin sesuatu untuk bangsa ini, nerbitin buku. Aku ngerasa malu awalnya pas ngeliat para pejuang Indonesia itu seorang pembaca buku yang tulen. Mereka sejak SMA udah mulai mikirin bangsa ini.

Dari situ, aku mulai sadar, untuk apa berhura-hura di masa mudaku. Untuk itulah, makannya aku mulai tertarik baca pemikiran-pemikiran mereka dan pemikiran-pemikiran tokoh-tokoh dunia. Ya, tentu saja harapannya aku bisa nerbitin buku. Ini biar semua ilmu yang aku dapet nggak sia-sia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar